#MediaSosial

Macam-macam Protokol Web

Macam-macam Protokol Web

Apa itu Protokol Web?

Internet membutuhkan suatu sistem kerja tertentu untuk memastikan bahwa data dapat terkirim dengan baik dan benar. Sistem kerja inilah yang disebut protokol, yaitu suatu sistem yang menjadi standar untuk pengaturan komunikasi dan pengiriman data antara 2 alat / mesin, misalnya: server Web dengan komputer Anda.

Berikut ini adalah beberapa protokol yang paling umum Anda temukan:

HTTP

HTTP adalah singkatan dari HyperText Transfer Protocol. Ini adalah protokol yang paling umum digunakan dalam internet, khususnya dalam transfer data halaman web dan isinya.

Mungkin Anda melihat bahwa hampir setiap halaman web, ada tulisan http:// di bagian depannya? Ini artinya adalah menyuruh browser untuk mengakses data menggunakan protokol HTTP.

Biasanya ini adalah sistem yang standar bagi setiap browser. Jadi kalau Anda tidak memberikan perintah kepada browser untuk menggunakan protokol apa, browser akan secara otomatis menggunakan protokol HTTP sebagai sistemnya.

Contoh:

Ketikkan “pswebmedia.com” pada browser Anda, maka browser Anda akan otomatis merubahnya menjadi http://www.pswebmedia.com

Lebih detail mengenai HTTP, silakan baca dengan KLIK di sini.

HTTPS

HTTPS adalah singkatan dari HyperText Transfer Protocol Secure. Penjelasan sederhananya yaitu ini adalah versi secure / aman dari HTTP.

Protokol ini biasanya digunakan pada saat Anda melakukan sesuatu melalui browser yang menyangkut informasi rahasia. Misalnya: transaksi perbankan (internet banking), password, atau kartu kredit.

Ketika Anda mengakses suatu website yang menggunakan HTTPS, maka Anda mengaksesnya menggunakan Secure Socket Layar atau SSL. Sebuah website bisa menggunakan HTTPS apabila dia sudah memiliki sertifikat SSL pada servernya.

Biasanya Anda akan bisa melihat sertifikat SSL tersebut dengan dengan klik pada gambar gembok yang terdapat di pojok sebelah kiri dalam kolom alamat browser yang Anda gunakan.

Cari gembok pada pojok kiri dari kolom alamat

FTP

FTP adalah singkatan dari File Transfer Protocol. Sesuai namanya, protokol ini khusus digunakan untuk mengirimkan data yang berupa file melalui internet.

Misalnya protokol ini dapat digunakan jika Anda ingin mengirim atau mentransfer file-file dari komputer Anda ke server Web. Data yang dikirim tersebut adalah berupa file, baik itu file gambar, audio, video, dokumen, atau apapun.

Anda temukan artikel ini menarik? Tolong bantu kami untuk Like & share ya ke teman-teman Anda, KLIK pada media sosial di bawah:

Bergabunglah dengan #MediaSosial kami untuk mendapatkan info terkini dan artikel-artikel terbaru.
Mohon KLIK Like atau Suka pada tombol di bawah ini:

Ayo baca artikel selanjutnya...

Ada pertanyaan atau komentar?

Jangan ragu-ragu ditulis pada kolom di bawah ini. Pasti akan kami tanggapi. Terimakasih.

Like us on Facebook
Follow us on Twitter
Get Social
Google Plus Linked In Pinterest