#MediaSosial

Cara Membuat Website Sendiri dengan Lebih Cerdas

Cara Membuat Website Sendiri dengan Lebih Cerdas

Saat ini tanpa bantuan desainer web, Anda bisa membuat website sendiri dengan mengandalkan informasi dan tutorial tentang cara membuat website melalui internet. Agar tidak mengalami kesulitan dalam proses pengerjaannya, sebaiknya Anda memiliki sedikit pengetahuan tentang bahasa pemrograman.

Cara Membuat Website dari Blog Gratisan                        

Cara paling mudah untuk membuat website adalah dengan mengubah blog gratisan menjadi website dengan nama domain berakhiran “.com”. Jadi jika Anda sudah memiliki akun blog—misalnya di Blogspot atau Wordpress—Anda bisa langsung menghubungi jasa penyedia hosting dan nama domain. Selanjutnya customer service akan memandu Anda untuk melakukan  pembelian domain dan mengubah blog Anda menjadi website.

Cara Membuat Website dengan CMS (Content Management System)

Selain melalui blog, Anda juga dapat membuat website secara dengan menggunakan hosting sendiri, salah satunya dengan menggunakan content management system (CMS), berikut ini adalah tahapan yang harus diikuti:

  1. Siapkan tema website

Pemilihan tema berkaitan dengan optimasi SEO. Anda harus mencari kata kunci yang paling berkaitan dengan produk/identitas Anda, kemudian menetapkan susunan frasa yang tepat dan paling banyak diketik di mesin pencari. Untuk hal tersebut Anda bisa mencari bantuan di Google Adwords Keyword Planner.

  1. Beli domain dan alamat website

Untuk proses pembelian domain, Anda bisa menghubungi langsung jasa penyedia hosting dan domain (tersedia banyak di mesin pencari). Harga rata-rata untuk satu domain berkisar antara Rp120.000,00-150.000,00 (tergantung provider), setelahnya Anda harus membayar iuran dengan besaran yang sama setiap tahun selama menggunakan nama domain tersebut.

  1. Menyediakan hosting

Hosting atau server adalah ruang penyimpanan data untuk meng-online-kan website Anda. Jika Anda sudah membeli hosting, Anda akan mendapatkan Cpanel atau control panel. Melalui perangkat inilah Anda akan mengelola website, mulai dari instalasi CMS, mengatur theme, membuat dan menambah subdomain, serta mengatur berbagai database lainnya.

  1. Pilih content management system (CMS)

CMS adalah sistem yang digunakan untuk mengelola website, yaitu berupa halaman admin agar pemilik web dapat melakukan login serta aktivitas lainnya yang diperlukan seperti menulis artikel, mengatur widget, membuat menu, mengatur link, dsb. Secara umum, CMS yang banyak digunakan adalah Blogspot dan Wordpress, hanya saja penamaanya telah diubah menjadi .com (dot com).

  1. Menata desain website (skin) dan mengisi konten

Langkah selanjutnya adalah melakukan penataan tampilan website, yaitu mengatur layout web agar tampak menarik dan mudah diakses oleh pengunjung. Selanjutnya Anda bisa mulai membangun website dan mengisinya dengan konten-konten pilihan.

Pada tingkatan yang lebih tinggi, Anda dapat membuat website dengan mengandalkan bahasa pemrograman sendiri. Dengan cara ini Anda bisa membuat sendiri tema yang Anda sukai, membuat database-nya dari nol dan dan meng-hosting-nya pada sebuah server dengan nama domain yang diinginkan. Namun jika hal tersebut dirasa terlalu berat, sebaiknya Anda menggunakan jasa pembuatan website. Anda bisa menghubungi kami di www.pswebmedia.com/web-design dan kami bisa membantu Anda memenuhi kebutuhan pembuatan website secara profesional dan berkualitas.

Anda temukan artikel ini menarik? Tolong bantu kami untuk Like & share ya ke teman-teman Anda, KLIK pada media sosial di bawah:

Bergabunglah dengan #MediaSosial kami untuk mendapatkan info terkini dan artikel-artikel terbaru.
Mohon KLIK Like atau Suka pada tombol di bawah ini:

Ayo baca artikel selanjutnya...

Ada pertanyaan atau komentar?

Jangan ragu-ragu ditulis pada kolom di bawah ini. Pasti akan kami tanggapi. Terimakasih.

Like us on Facebook
Follow us on Twitter
Get Social
Google Plus Linked In Pinterest