Dalam rangka Lebaran 2019, PSWebMedia libur tanggal 3-11 Juni 2019. Masuk kembali tanggal 12 Juni 2019. Mohon maklum dan terimakasih.

#MediaSosial

Apa itu HTTP?

Apa itu HTTP?

HTTP adalah suatu sistem yang digunakan untuk mengatur cara pengiriman data antara 2 alat / mesin, misalnya: antara server Web dengan komputer Anda. Sistem pengaturan pengiriman data ini disebut protokol. Ada macam-macam protokol, yang umum adalah: http, https, ftp, dan lain-lain.

HTTP itu sendiri adalah singkatan dari HyperText Transfer Protocol. Atau jika diterjemahkan secara harafiahnya adalah suatu sistem yang mengatur cara pengiriman data secara HyperText.

HTTP adalah protokol yang paling penting dan paling sering digunakan di dalam dunia internet.

Jika Anda menggunakan browser Anda, mungkin seringkali Anda tidak melihat tulisan HTTP di kolom alamat di sebelah atas. Hal ini adalah karena saking umumnya, kebanyakan browser modern menyembunyikan tulisan HTTP ini, untuk mempermudah pengguna awam yang belum mengerti hal ini. Tetapi bukan berarti tidak ada, protokol HTTP ini walaupun tersembunyi, sebetulnya tetap ada di situ.

Tidak percaya? Buktikan sendiri hal ini:

Klik pada kolom alamat pada bagian atas dari browser Anda. Sorot semuanya, kemudian copy. Setelah itu paste ke tempat lain (selain browser), misalnya Notepad, atau MS Word, dan Anda akan menemukan ada tulisan HTTP di bagian depan dari alamat yang Anda copy tersebut.

HyperText

HyperText adalah sebetulnya teks biasa, seperti teks yang sedang Anda baca ini. Kenapa disebut hyper? Karena di dalam teks tersebut, disematkan beberapa kode atau tag, untuk membedakan antara bagian teks tertentu, dengan bagian teks yang lain.

Apa maksudnya? Lihat contoh berikut:

Misalnya ada tulisan “saya suka belajar website”.

Bagaimana agar kata “suka” itu ditebalkan (bold)? Bagaimana membedakan bagian teks mana yang perlu bold, bagian teks mana yang normal?

Di dalam HyperText, cara penulisannya adalah sebagai berikut:

HyperText: “saya <b>suka</b> belajar website”.

Perhatikan bahwa kata “suka” diberikan teks tambahan yaitu <b> dan </b>. Inilah yang disebut HyperText, yaitu teks biasa yang disematkan kode atau tag.

Ketika browser membaca teks “saya <b>suka</b> belajar website” dengan format protokol HTTP, browser akan otomatis mengerti dan menterjemahkannya menjadi:

“saya suka belajar website”.

Jadi tag <b> dan </b> menandai bagian awal dan akhir dari bagian teks yang akan ditebalkan.

Demikianlah penjelasan sederhana mengenai cara kerja protokol HTTP yang sering Anda temukan dalam setiap URL, setiap alamat website atau Domain. Jika Anda belum mengenal URL, Anda bisa membacanya dengan KLIK di sini. Jika Anda belum mengenal Domain, Anda bisa mempelajarinya dengan KLIK di sini.

Anda temukan artikel ini menarik? Tolong bantu kami untuk Like & share ya ke teman-teman Anda, KLIK pada media sosial di bawah:

Bergabunglah dengan #MediaSosial kami untuk mendapatkan info terkini dan artikel-artikel terbaru.
Mohon KLIK Like atau Suka pada tombol di bawah ini:

Ayo baca artikel selanjutnya...

Ada pertanyaan atau komentar?

Jangan ragu-ragu ditulis pada kolom di bawah ini. Pasti akan kami tanggapi. Terimakasih.

Like us on Facebook
Follow us on Twitter
Get Social
Google Plus Linked In Pinterest