#MediaSosial

Apa itu Website?

Apa itu Website?

Tahukah Anda kapan website diciptakan? Website atau situs web sesungguhnya adalah berupa sebuah situs / tempat di dalam dunia maya yang disebut World Wide Web. World Wide Web diciptakan pada tahun 1989 oleh Tim Berners-Lee, seorang ilmuwan dari Inggris. Dia adalah orang yang pertama menciptakannya ketika dia masih bekerja di CERN di Swiss.

World Wide Web atau WWW kini dikenal dengan sebutan Web saja. Web ini terdiri dari apa? Web itu terdiri dari banyak halaman-halaman yang bisa dibaca, atau disebut halaman web.

Halaman web adalah satu tampilan dokumen di dalam Web. Halaman web bisa terdiri atas teks, gambar, dan link ke halaman web lain, serta audio, video dan banyak lagi. Halaman artikel yang sedang Anda baca ini adalah contoh satu halaman web. Contoh halaman web lainnya adalah halaman hubungi kami.

Salah satu ciri lainnya dari satu halaman web adalah tiap halaman memiliki satu alamat URL yang unik. Ketika Anda membuka sebuah halaman web, biasanya Anda akan dibutuhkan untuk mengetikkan sebuah URL terlebih dahulu. Apa itu URL? Bisa dibaca di sini.

Nah, satu kesatuan dari beberapa halaman web yang memiliki topik atau tema yang sama, nama domain yang sama, itulah yang disebut dengan website.

Jadi bicara tentang website, sesungguhnya adalah bicara mengenai sekumpulan halaman web di dalam sebuah domain tertentu, misalnya: pswebmedia.com

Halaman web di dalam istilah internasional disebut web pages. Sedangkan website diterjemahkan ke bahasa Indonesia sebagai situs web.  

Halaman web biasanya ditulis menggunakan teks biasa yang diberikan kode tertentu. Mengapa diberikan kode? Untuk membedakan antara bagian teks yang satu dengan yang lainnya. Kode-kode ini selain untuk menulis teks, juga bisa untuk menampilkan gambar, menampilkan video, dan lain-lain.

Kode inilah yang disebut dengan HTML (HyperText Markup Language), atau terjemahan bebasnya adalah bahasa kode HyperText. Protokol web yang mengatur sistem transfer data menggunakan HyperText ini disebut dengan HTTP.

Jika Anda tertarik dengan hal ini silakan untuk membaca artikel-artikel kami tentang tutorial membuat website sendiri atau belajar web design atau penjelasan mengenai HyperText.

Untuk melengkapi pengentahuan Anda mengenai website, pastikan Anda juga membaca mengenai Mobile Site, silakan KLIK di sini untuk membaca.

Anda temukan artikel ini menarik? Tolong bantu kami untuk Like & share ya ke teman-teman Anda, KLIK pada media sosial di bawah:

Bergabunglah dengan #MediaSosial kami untuk mendapatkan info terkini dan artikel-artikel terbaru.
Mohon KLIK Like atau Suka pada tombol di bawah ini:

Ayo baca artikel selanjutnya...

Ada pertanyaan atau komentar?

Jangan ragu-ragu ditulis pada kolom di bawah ini. Pasti akan kami tanggapi. Terimakasih.

Like us on Facebook
Follow us on Twitter
Get Social
Google Plus Linked In Pinterest