PSWebMedia mengucapkan Selamat Idul Fitri 1445 H. Mohon maaf lahir dan batin. Dalam rangka lebaran, PSWebMedia libur tanggal 8 - 12 April 2024. Masuk kembali tanggal 15 April 2024. Terimakasih.

#MediaSosial

Apa itu Mobile Site?

Apa itu Mobile Site?

Anda sudah tahu apa itu website? Bagus. Dan jika Anda belum tahu apa itu website, silakan jangan ragu untuk membaca dulu artikel ini yang menjelaskan mengenai website.

Nah jika Anda sudah membaca artikel tersebut, tentu Anda tahu bahwa Web itu sudah ada relatif cukup lama, yaitu sejak tahun 1989. Dan sejak kira-kira tahun 1994, Web sudah semakin mendunia, semakin banyak dikenal orang, dan semakin banyak website-website baru yang berdiri.

Sekarang bagaimana dengan smartphone?

Smartphone

Smartphone atau telepon pintar adalah berasal dari telepon genggam yang dikembangkan lebih lanjut. Smartphone menggunakan software yang lebih canggih, prosesor CPU yang lebih canggih, memori yang lebih besar, display yang lebih besar dan lebih banyak warna, dan lain-lain. Perangkat smartphone ini mampu melakukan pekerjaan-pekerjaan yang sebelumnya tidak mampu dilakukan oleh sebuah telepon genggam biasa.

Web sudah ada lama sebelum smartphone. Generasi awal dari smartphone pun sebetulnya belum mampu untuk dapat menampilkan website dengan baik. Hal ini karena website sudah cukup canggih, dengan berbagai bentuk dan warna, sedangkan kebanyakan smartphone pada saat itu masih monochrome (dua warna), atau bisa menampilkan warna secara terbatas.

Semakin lama teknologi yang digunakan smartphone semakin canggih. Sekarang smartphone sudah bisa menandingi kemampuan sebuah laptop dalam memproses data. Kecepatan smartphone juga sekarang sudah sangat cepat sehingga sudah hampir tidak ada bedanya membuka website menggunakan laptop atau menggunakan smartphone. Kecuali apa? Kecuali dari segi ukuran layar.

Ukuran Layar

Tidak bisa dihindari bahwa smartphone sebagai perangkat yang fungsinya untuk mudah dibawa-bawa tentu harus memiliki layar yang lebih kecil daripada laptop.

Sejak smartphone mulai bisa memproses data website dengan baik, orang-orang mulai mengakses website melalui smartphone mereka. Maka timbul masalah baru, yaitu ukuran layar.

Ketika orang mengakses website melalui layar smartphone, tampilan website menjadi sangat kecil. Tulisan hampir tidak bisa dibaca. Kalaupun mau baca, harus di-zoom dulu. Tetapi kemudian bacanya menjadi repot karena harus geser / scroll kanan-kiri, atas-bawah.

Silakan perhatikan gambar di bawah ini:

Sebelah kiri adalah tampilan website. Sebelah kanan adalah tampilan mobile site.

Anda bisa melihat sendiri tampilan website di smartphone adalah pada gambar sebelah kiri. Bagaimana? Apakah Anda bisa membacanya? Sulit membaca website seperti itu bukan?

Untuk mengatasi masalah ukuran layar tersebut, maka para web designer mulai membuat supaya website bisa tampil dengan baik di layar smartphone.

Pada tahun 2010, marak dikenal dengan sebutan Mobile Site. Mobile site adalah website yang khusus untuk dilihat di mobile devices atau smartphone. Mobile site memang sengaja dirancang khusus untuk tampilan pada smartphone, supaya pengunjung website tetap bisa mengakses dengan nyaman ketika menggunakan smartphone.

Perhatikan lagi gambar di atas, tampilan mobile site adalah seperti gambar di sebelah kanan.

Jika Anda tertarik dengan artikel ini, pastikan Anda membaca artikel selanjutnya yang membahas mengenai apa itu Responsive Web Design.

Anda temukan artikel ini menarik? Tolong bantu kami untuk Like & share ya ke teman-teman Anda, KLIK pada media sosial di bawah:

Bergabunglah dengan #MediaSosial kami untuk mendapatkan info terkini dan artikel-artikel terbaru.
Mohon KLIK Like atau Suka pada tombol di bawah ini:

Ayo baca artikel selanjutnya...

Ada pertanyaan atau komentar?

Jangan ragu-ragu ditulis pada kolom di bawah ini. Pasti akan kami tanggapi. Terimakasih.

Like us on Facebook
Follow us on Twitter
Get Social
Google Plus Linked In Pinterest