PSWebMedia mengucapkan Selamat Idul Fitri 1445 H. Mohon maaf lahir dan batin. Dalam rangka lebaran, PSWebMedia libur tanggal 8 - 12 April 2024. Masuk kembali tanggal 15 April 2024. Terimakasih.

#MediaSosial

Konfigurasi Adobe Illustrator dan Atom supaya Lebih Powerful

Konfigurasi Adobe Illustrator dan Atom supaya Lebih Powerful

Artikel ini akan membahas tentang beberapa plugin yang akan kita tambahkan kedalam illustrator ataupun atom. Untuk illustrator ada 2 plugin productivity terbaik, dengan menggunakan ini kita dapat menyelesaikan project-project lebih cepat. Untuk plugin illustrator yang kita bahas ini berbayar. 2 plugin illustrator tersebut yaitu vectorscribe dan texturino untuk penjelasannya akan kita bahas satu persatu. Untuk atom plugin-plugin yang kita akan bahas adalah free/gratis diantaranya ada 2 plugin yaitu atom html preview dan terminal plus, lalu di tema ada atom material syntax dan atom material ui. Oke kita langsung saja menuju kePlugin yang pertama.

Vectorscribe

Dengan tujuh alat mandiri yang dimiliki vectorescribe membuatnya powerfull dan sederhana, vectorscribe adalah pilihan utama untuk desain vektor profesional. Vectorscribe sangat dinamis dan sesuai dengan kebutuhan untuk meciptakan hasil karya serta menghemat waktu dan juga intuitif () dalam alur kerja. Ketujuh alat atau fungsinya yaitu

  1. Smart Remove Brush Tool

Befungsi sebagai penghapus pintar yang dapat menghapus kelebihan poin pada vektor dengan cara menggerakkan mouse di objek.

  1. Path Extend Tool

Berfungsi sebagai saran untuk jalur path selanjutnya. Seperti menambahkan atau mengurangi panjang path dengan sangat presisi.

  1. Dynamic Corners Tool

kemampuan luar biasa untuk menambahkan dan mendeteksi sudut yang ingin dibulatkan berdasarkan titik ke satu atau lebih titik di jalan dinamis . contohnya mengubah sudut persegi menjadi bulat atau rounded.

  1. Dynamic Shapes Tool

Berfungsi untuk membentuk umum seperti lingkaran, kotak ataupun bintang dengan mengatur jumlah point nya sendiri dan dapat di modifikasi.

  1. PathScribe Tool – Edit Vector Paths

Ini adalah fungsi yang lebih baik jika ingin mengedit objek vektor dibandingkan pen tool.

  1. Dynamic Measure Tool – Quick and Accurate Measurements

Berfungsi sebagai alat ukur pada objek, hal-hal yang berkaitan dengan panjang atau jarak dapat di ukur dengan alat ini.

  1. Protractor – Draw at Set Angles

Sederhana tapi sangat membantu alat ini untuk menentukan sudut khusus untuk menggambar . Mudah digunakan dan hemat waktu.

Plugin yang kedua yaitu texturino.

Texturino

Membuat texture menjadi mudah seperti yang dibayangkan, plugin ini memberikan kemudahan dalam mengedit sebuah vektor memiliki background texture baik dengan sapuan brush, otomatis mengisi objek, text brush, serta dilengkapi dengan texture manager untuk menambahkan pustaka favorit yang akan diguanakan dalam texturino. Untuk mencari kemudahan dan menghemat waktu dalam membuat texture, plugin ini sangat direkomendasikan.

Selanjutnya kita akan membahas plugin pada software atom yang pertama yaitu atom html preview.

Atom HTML Preview

Ini adalah plugin yang berfungsi sebagai live preview pada project yang kita buat, hanya dengan menekan tombol pemintas Ctrl+Shift+H di editor maka akan tampil panel preview dari project yang kita buat tanpa harus membuka web browser.

Selanjutnya yaitu terminal plus.

Terminal Plus

Bagi para pengguna command prompt windows (CMD) dan sudah terbiasa menggunakannya ini adalah alternatif solusi jika ingin menggunakan cmd tanpa harus membuka jendela baru, karena plugin ini akan terintegrasi langsung dengan atom, sehingga jika ingin membuat, open file, atau melakukan command lain yang sudah biasa dilakukan lewat cmd akan lebih memudahkan kita.

Untuk tema material syntax dan material ui ini kita gunakan supaya tampilan atom lebih menarik dan juga membedakan syntax yang kita buat berdasarkan jenisnya.

Untuk penjelasan bagaimana cara konfigurasi plugin-plugin kedalam software illustrator dan atom akan saya terangkan pada video dibawah, SELAMAT BELAJAR.

Video Tutorial

Demikian ulasan singkat mengenai Konfigurasi Adobe Illustrator dan Atom Supaya Lebih Powerfull. Jika Anda tertarik dengan belajar web design, silakan KLIK LIKE dan SUBSCRIBE. Kemudian silakan Anda kunjungi http://www.pswebmedia.com untuk artikel-artikel lainnya yang juga sangat menarik dan informatif. Pada kesempatan selanjutnya kita akan membahas tentang Mendesain tampilan website menggunakan Illustrator bagian 1, Terimakasih telah membaca artikel ini.

Anda temukan artikel ini menarik? Tolong bantu kami untuk Like & share ya ke teman-teman Anda, KLIK pada media sosial di bawah:

Bergabunglah dengan #MediaSosial kami untuk mendapatkan info terkini dan artikel-artikel terbaru.
Mohon KLIK Like atau Suka pada tombol di bawah ini:

Ayo baca artikel selanjutnya...

Ada pertanyaan atau komentar?

Jangan ragu-ragu ditulis pada kolom di bawah ini. Pasti akan kami tanggapi. Terimakasih.

Like us on Facebook
Follow us on Twitter
Get Social
Google Plus Linked In Pinterest