Dalam rangka Lebaran 2019, PSWebMedia libur tanggal 3-11 Juni 2019. Masuk kembali tanggal 12 Juni 2019. Mohon maklum dan terimakasih.

#MediaSosial

Responsive Web Design

Responsive Web Design

Website sudah ada sejak lama, jauh sebelum ada smartphone atau yang sering disebut sebagai handphone di Indonesia.  Jika Anda belum membaca artikel mengenai sejarah website, silakan baca dulu artikel berikut ini mengenai mobile site dan sejarah pendirian website. Silakan baca dengan KLIK di sini.

Untuk mendukung kemudahan mengakses website pada perangkat mobile, maka diciptakan mobile site.  Mobile site ini memudahkan para pengunjung website mengakses website dari handphone.

Masalah kemudian muncul sejak keluarnya iPad oleh Apple pada tahun 2010. Ukuran iPad atau yang secara umum disebut Tablet, memberikan suatu kebutuhan baru. Hal ini adalah karena ukuran iPad lebih kecil daripada Desktop, tetapi lebih besar daripada handphone.

iPad ini sangat populer. Semua orang mulai menggunakan iPad untuk mengakses website. Desktop site terlalu besar. Sedangkan mobile site terlalu kecil. Tidak memberikan pengalaman yang menyenangkan bagi para pengunjung dari iPad.

Sekali lagi, untuk mengakomodasi iPad, maka para web designer membuat suatu web baru khusus untuk para pengguna iPad. Website baru ini disebut dengan Tablet site.

Pada saat ini, pemilik website yang serius sudah memiliki 3 site untuk setiap website dengan konten yang sama, yaitu Desktop site, Mobile site, dan Tablet site. Hal ini tentunya sangat merepotkan dalam mengelola konten. Karena setiap konten yang sama, harus dibuat atau di-update sebanyak 3 kali untuk 3 site yang berbeda.

Keadaan bertambah parah, sejak para pesaing iPad mulai meluncurkan produk-produk Tablet ciptaan mereka masing-masing, misalnya Samsung Galaxy, dan lain-lain. Semua mengeluarkan tablet dengan ukuran masing-masing, dan berbeda-beda antar produsen, ada yang 10 inch, 8 inch, 7 inch, dan lain-lain.

Membuat satu site untuk masing-masing ukuran tablet sangatlah tidak efisien dan merepotkan dalam mengelola konten. Maka sekali lagi para web designer berpikir keras.

Buah pemikiran mereka adalah mulai tahun 2012, para designer mengeluarkan suatu terobosan baru untuk web design. Inilah yang kemudian disebut dengan Responsive Web Design atau RWD.

Responsive Web Design adalah design website yang bersifat responsif, mampu me-respon terhadap lingkungannya, dalam hal ini adalah ukuran perangkat yang digunakan untuk menampilkan website tersebut. Bagaimana respon itu? Yaitu design website berubah mengikuti ukuran layar perangkat yang digunakan. Inilah yang dimaksud dengan responsive.

Dengan adanya website design yang responsive ini, maka membuat segala hal lebih mudah. Tidak perlu lagi ada Mobile site, tidak perlu ada Tablet site. Hanya perlu ada 1 site yang mampu menampilkan dirinya dengan baik untuk segala situasi, segala ukuran layar.

Untuk semua paket web design yang ditawarkan oleh PSWEBMEDIA, kami sudah mengimplementasikan Responsive Web Design atau RWD ini, sehingga Anda bisa yakin bahwa website Anda bisa diakses dari perangkat manapun dengan baik dan mudah.

Anda temukan artikel ini menarik? Tolong bantu kami untuk Like & share ya ke teman-teman Anda, KLIK pada media sosial di bawah:

Bergabunglah dengan #MediaSosial kami untuk mendapatkan info terkini dan artikel-artikel terbaru.
Mohon KLIK Like atau Suka pada tombol di bawah ini:

Ayo baca artikel selanjutnya...

Ada pertanyaan atau komentar?

Jangan ragu-ragu ditulis pada kolom di bawah ini. Pasti akan kami tanggapi. Terimakasih.

Like us on Facebook
Follow us on Twitter
Get Social
Google Plus Linked In Pinterest