Dalam rangka Lebaran 2019, PSWebMedia libur tanggal 3-11 Juni 2019. Masuk kembali tanggal 12 Juni 2019. Mohon maklum dan terimakasih.

#MediaSosial

Apa itu Kata Kunci atau Keyword?

Apa itu Kata Kunci atau Keyword?

Bicara tentang SEO, tidak akan bisa dipisahkan dari istilah “kata kunci” atau “keyword”. Untuk bisa memahami SEO dengan baik, Anda perlu untuk mengerti tentang istilah “kata kunci” atau “keyword” ini. Untuk selanjutnya dalam artikel ini kami akan menyebutnya dengan istilah “keyword” saja.

Apakah yang dimaksud “keyword”?

Keyword adalah kata atau serangkaian kata atau frase yang memiliki makna khusus dan bersifat sangat penting. Kata ini menjadi penting karena mewakili suatu informasi lain yang lebih banyak atau lebih detail. Itulah sebabnya disebut kata kunci, karena kunci adalah sesuatu yang kecil yang bisa digunakan untuk membuka sesuatu yang lebih besar daripada dirinya.

Dalam konteks website, maka keyword adalah kata-kata yang menggambarkan keseluruhan isi website. Keyword adalah serangkaian kata yang dapat mewakili suatu website beserta seluruh isi yang terkandung di dalamnya. Atau dengan kata lain, keseluruhan website Anda dapat Anda simpulkan dalam serangkaian kata singkat, yaitu keyword tersebut.

Keyword ini menjadi sangat penting, bukan hanya karena alasan tersebut di atas tetapi juga karena keyword ini adalah kata-kata yang diketikkan oleh para calon pengunjung untuk mencari di Google dan akhirnya menemukan website Anda.

Jadi misalnya, Anda berjualan sepatu melalui website Anda. Maka mungkin keyword website Anda adalah “sepatu”.

Para calon pengunjung akan menemukan website Anda melalui Google dengan mengetikkan “sepatu”.

Contoh pencarian melalui Google Indonesia

Nah, seiring dengan banyaknya website yang berjualan sepatu, maka semakin banyak hasil yang muncul dengan keyword “sepatu”. Website Anda mungkin tidak lagi muncul di halaman pertama, mungkin ada di halaman ke-3 dan seterusnya.

Anda mungkin ingin menyempitkan keyword website Anda sedikit supaya menjangkau calon pengunjung yang lebih spesifik.

Misalnya website Anda hanya berjualan sepatu wanita. Maka Anda tentunya Anda hanya perlu pengunjung yang mencari sepatu wanita. Maka Anda perlu tentukan keyword website Anda adalah “sepatu wanita”.

Dengan demikian orang yang mencari “sepatu pria” tidak akan berkunjung ke website Anda, dan memang Anda juga tidak membutuhkannya.

Lebih spesifik lebih baik. Misalnya Anda hanya menjual sepatu wanita untuk berolahraga. Maka Anda bisa persempit lagi keyword Anda menjadi “sepatu olahraga wanita”.

Dengan demikian hanya orang yang mencari sepatu olahraga wanita saja yang akan datang ke website Anda.

Katakanlah website penjual sepatu olahraga wanita juga sudah banyak, maka Anda bisa persempit lagi dengan menggunakan kota tempat bisnis Anda berada. Ubahlah keyword Anda menjadi “sepatu olahraga wanita Magelang”.

Demikianlah contoh di atas sebagai ilustrasi supaya Anda ada gambaran tentang bagaimana mendapatkan kata kunci atau keyword yang tepat.

Satu hal yang juga penting. Pastikan bahwa keyword Anda cocok dan sesuai dengan isi content website Anda. Jangan menggunakan keyword “sepatu olahraga wanita” padahal Anda berjualan tiket pesawat dan kereta api di website Anda. Hal ini berbahaya karena akhirnya akan diketahui oleh Google dan mungkin berakibat website Anda bisa kena penalty, atau bahkan di-blacklist (tidak muncul di hasil pencarian Google).

Apakah keyword boleh lebih dari satu? Tentu saja boleh. Asalkan yang penting, harus cocok dan sesuai dengan isi content website Anda.

Anda temukan artikel ini menarik? Tolong bantu kami untuk Like & share ya ke teman-teman Anda, KLIK pada media sosial di bawah:

Bergabunglah dengan #MediaSosial kami untuk mendapatkan info terkini dan artikel-artikel terbaru.
Mohon KLIK Like atau Suka pada tombol di bawah ini:

Ayo baca artikel selanjutnya...

Ada pertanyaan atau komentar?

Jangan ragu-ragu ditulis pada kolom di bawah ini. Pasti akan kami tanggapi. Terimakasih.

Like us on Facebook
Follow us on Twitter
Get Social
Google Plus Linked In Pinterest