Dalam rangka Lebaran 2019, PSWebMedia libur tanggal 3-11 Juni 2019. Masuk kembali tanggal 12 Juni 2019. Mohon maklum dan terimakasih.

#MediaSosial

Apa itu HTML?

Apa itu HTML?

HTML adalah singkatan dari Hyper Text Markup Language. Atau secara harafiah, terjemahan bebas dalam bahasa Indonesia-nya adalah Bahasa Hyperteks yang diberikan marka atau tanda atau kode.

HTML adalah “bahasa pemrograman” yang digunakan dalam halaman web.

Apa itu Hypertext?

Pengertian hypertext adalah teks biasa yang mengandung link atau tautan ke teks lainnya. Jadi hypertext ini adalah teks yang berada pada tampilan komputer, yang bisa diklik. Dan apabila teks tersebut diklik akan mengarahkan pengguna kepada teks lainnya atau halaman web lainnya.

Contoh hypertext:

Silakan klik di sini untuk membaca artikel tentang website.

Keterangan: bagian yang berwarna biru dan digarisbawahi di atas adalah bisa diklik dan akan mengarah pada halaman web lainnya.

Nah, cara kerja HTML adalah dengan menggunakan hypertext yang diberikan marka atau tanda atau kode, sehingga browser bisa membaca itu untuk membedakan bagian-bagian dari halaman web, struktur web, dan styling dari tampilan teks.

Pemberian marka atau tanda, adalah dengan menggunakan tanda lebih kecil dan lebih besar, seperti <…> untuk tanda pembuka, dan untuk tanda penutup adalah </…>.

Contoh kode:

Tulisan ini tampak biasa, sedangkan <b>tulisan ini tampak tebal</b>.

Keterangan: di atas adalah satu contoh pemberian marka atau tanda atau kode pada teks,sehingga browser akan membaca dan menampilkannya secara berbeda antara teks biasa dengan teks yang diberikan tanda.

Hasil tampilan browser dari kode di atas adalah:

Tulisan ini tampak biasa, sedangkan tulisan ini tampak tebal.

Demikian pula tanda tersebut diberikan pada teks untuk membedakan antara bagian-bagian dari halaman web. Contoh:

<h1>Ini Judul Halaman</h1>

<p>Dan yang ini adalah paragraf biasa.</p>

Penjelasan: <h1> menandakan bahwa bagian tersebut adalah Header 1. Sedangkan <p> menunjukkan bahwa bagian tersebut adalah paragraf biasa.

Pemberian marka ini juga menunjukkan struktur dari website. Struktur website ini akan menjadi lebih jelas melalui struktur HTML versi 5 atau HTML5.

Contoh struktur HTML5:

<!DOCTYPE html>
<html>
<head>
<title>Judul Halaman</title>
</head>
<body>
<header>
<h1>Judul Halaman</h1>
<nav> … </nav>
</header>
<article>
<p> … </p>
</article>
<section>
<p> … </p>
</section>
<footer>
<p> … </p>
</footer>
</body>
</html>

Anda bisa melihat struktur HTML dengan klik kanan pada salah satu bagian kosong dalam halaman web Anda, dan kemudian pilih “View Page Source”. Kata-kata tersebut mungkin tidak sama persis pada browser yang berbeda, tetapi intinya sama yaitu Anda ingin melihat source code dari halaman web dimaksud.

Anda temukan artikel ini menarik? Tolong bantu kami untuk Like & share ya ke teman-teman Anda, KLIK pada media sosial di bawah:

Bergabunglah dengan #MediaSosial kami untuk mendapatkan info terkini dan artikel-artikel terbaru.
Mohon KLIK Like atau Suka pada tombol di bawah ini:

Ayo baca artikel selanjutnya...

Ada pertanyaan atau komentar?

Jangan ragu-ragu ditulis pada kolom di bawah ini. Pasti akan kami tanggapi. Terimakasih.

Like us on Facebook
Follow us on Twitter
Get Social
Google Plus Linked In Pinterest