PSWebMedia mengucapkan Selamat Idul Fitri 1445 H. Mohon maaf lahir dan batin. Dalam rangka lebaran, PSWebMedia libur tanggal 8 - 12 April 2024. Masuk kembali tanggal 15 April 2024. Terimakasih.

#MediaSosial

12 Tips Ampuh Meningkatkan SEO Mesin Pencari Google (bagian 3)

12 Tips Ampuh Meningkatkan SEO Mesin Pencari Google (bagian 3)

Kalau dalam artikel sebelumnya kita sudah membahas mengenai tips ke-3 dan ke-4 dalam meningkatkan SEO mesin pencari Google, maka pada artikel ini kita akan mulai membahas mengenai tips yang ke-5 dan seterusnya.

Jika Anda belum pernah membaca artikel sebelumnya, jangan ketinggalan, kami sarankan mulai membaca dari artikel pertama. Silakan klik untuk membaca artikel tips SEO yang pertama.

5.  Pastikan Keyword Anda Muncul dalam 100 Kata Pertama

Lagi-lagi pembahasan tentang keyword. Nah, kalau Anda belum paham mengenai apa itu keyword, maka disarankan Anda membaca dulu artikel tentang keyword ini, silakan klik dulu.

Seperti yang sudah pernah kami bahas dalam artikel sebelumnya, bahwa kesesuaian antara keyword dengan konten halaman web adalah sangat penting.

Maka dari itu, pastikan keyword Anda muncul dalam 100 – 150 kata pertama dalam halaman web Anda. Hal ini adalah untuk mengkonfirmasikan kepada Google bahwa dengan kemunculan keyword tersebut awal-awal, menunjukkan bahwa halaman web ini adalah benar tentang keyword tersebut.

Dengan demikian, Google akan mengasosiasikan keyword dengan halaman web Anda. Ketika suatu saat ada orang yang mencari di Google dengan mengetikkan keyword tersebut, Google akan menampilkan halaman web Anda sebagai hasil pencarian.

 

6.  Pastikan Judul Halaman Anda juga terdapat dalam H1

Masih ingat tips ke-2 tentang judul halaman? Jika lupa, silakan baca dulu di sini.

Kalau tips ke-2 membahas tentang judul halaman yang muncul di bagian atas di tab browser, maka tips no-6 ini membahas tentang judul halaman yang muncul di konten. Maksudnya adalah judul yang terpampang pada halaman web Anda.

Anda perlu memastikan bahwa judul halaman web Anda ini adalah H1.

Apa lagi itu H1?

H1 adalah singkatan dari Header 1. H1 adalah body tag paling penting dalam SEO. Sedangkan page title adalah header tag paling penting dalam SEO. Masih bingung?

Seperti Anda ketahui bahwa halaman web itu terbuat dari HTML. HTML itu adalah “bahasa” pemrograman yang menggunakan teks biasa tetapi diberikan kode-kode tertentu untuk membedakan bagian-bagian tertentu dari halaman, struktur, dan styling-nya. Lebih jelas tentang HTML, silakan Anda membaca di artikel mengenai HTML ini.

Nah, jadi yang dimaksud H1 adalah html tag yaitu <h1>judul halaman</h1>.

Penting untuk diketahui, bahwa sebaiknya keyword Anda juga terdapat dalam H1 tersebut supaya semakin memperkuat konsep bahwa halaman web Anda adalah sangat sesuai dengan topik yang disebutkan dalam keyword tersebut.

Bagaimana caranya Anda bisa melihat HTML tag?

Caranya gampang, buka halaman web Anda menggunakan browser. Kemudian cari bagian yang kosong pada halaman, dan klik kanan pada bagian tersebut.

Setelah klik kanan, kemudian Anda pilih “View Page Source” (contoh lihat gambar di bawah). Kata-kata tersebut mungkin tidak sama persis pada browser yang berbeda, tetapi intinya sama yaitu Anda ingin melihat source code dari halaman web dimaksud.

Klik kanan dan pilih View Page Source

Setelah Anda klik pada “View Page Source”, maka Anda akan diperlihatkan source code dari halaman tersebut. Silakan Anda tekan Ctrl+F untuk mengaktifkan mode pencarian, kemudian ketikkan “h1” dan tekan Enter. Jika “h1” ditemukan dalam halaman web Anda, maka tulisan “h1” tersebut akan disorot atau di-highlight.

Silakan Anda cek bagian yang disorot tersebut apakah betul adalah merupakan judul halaman Anda, sekaligus juga kata kunci yang Anda inginkan bagi konten halaman tersebut.

 

Supaya artikel ini tidak terlalu panjang, sampai di sini dulu pembahasan kali ini. Kami pasti akan melanjutkan pembahasan topik ini dalam artikel selanjutnya, jadi silakan nantikan artikel kami selanjutnya yang akan membahas tips-tips nomor 7 dan selanjutnya mengenai tips Ampuh meningkatkan SEO mesin pencari Google.

Agar lebih mudah lagi bagi Anda mendapatkan informasi terkini, pastikan Anda subscribe pada kami, supaya Anda mendapatkan pemberitahuan melalui email Anda jika ada artikel terbaru, sesegera mungkin setelah artikel tersebut dipublikasikan.

Silakan Anda lanjutkan membaca artikel selanjutnya dengan klik di tips SEO bagian keempat.

Anda temukan artikel ini menarik? Tolong bantu kami untuk Like & share ya ke teman-teman Anda, KLIK pada media sosial di bawah:

Bergabunglah dengan #MediaSosial kami untuk mendapatkan info terkini dan artikel-artikel terbaru.
Mohon KLIK Like atau Suka pada tombol di bawah ini:

Ayo baca artikel selanjutnya...

Ada pertanyaan atau komentar?

Jangan ragu-ragu ditulis pada kolom di bawah ini. Pasti akan kami tanggapi. Terimakasih.

Like us on Facebook
Follow us on Twitter
Get Social
Google Plus Linked In Pinterest