Dalam rangka Lebaran 2019, PSWebMedia libur tanggal 3-11 Juni 2019. Masuk kembali tanggal 12 Juni 2019. Mohon maklum dan terimakasih.

#MediaSosial

Cara Hosting Video secara Gratis untuk Website Anda

Cara Hosting Video secara Gratis untuk Website Anda

Halo sobat web design, pada kesempatan kali ini saya akan memberikan tutorial singkat mengenai cara hosting video Anda secara gratis di Youtube, lalu memasang video tersebut pada halaman website Anda.

Seperti Anda ketahui, memasang video pada halaman web Anda adalah satu cara yang paling ampuh untuk menarik perhatian pengunjung, dan membuat pengunjung betah lebih lama browsing halaman web Anda. Dan jangan lupa, lebih banyak pengunjung berarti ranking SEO web Anda akan semakin tinggi. Dan semakin lama para pengunjung berada di halaman Anda, ranking SEO web Anda juga akan semakin tinggi.

Nah, jadi banyak manfaat menampilkan video dalam halaman web Anda. Jangan ketinggalan, pastikan Anda juga termasuk salah satu yang website-nya memiliki tampilan video yang menarik.

Video adalah suatu hal yang tidak sederhana. Biasanya video memiliki ukuran file yang besar. Dan apabila video tersebut dipasang di web, maka ada satu faktor penting lagi, yaitu bandwidth.

Bandwidth adalah banyaknya data yang dikirim dari server ke komputer pengunjung web Anda. Bandwidth ini diukur dalam satuan data, misalnya GB atau Gigabyte.

Semakin banyak pengunjung Anda maka semakin besar bandwidth yang Anda perlukan.

Contohnya: Anda punya video berukuran 100 MB.

Jangan salah, ini termasuk kecil untuk video. Video HD (high density) dengan resolusi 1920 x 1080 pixel dengan durasi 3 menit bisa mencapai ukuran file 500 MB.

Misalnya ada 10 pengunjung yang menonton video Anda, berarti Anda perlu mengirimkan data 100 MB tersebut sebanyak 10 kali (untuk 10 pengunjung tersebut) melalui streaming. Pengiriman data ini berarti Anda butuh bandwidth 10 x 100 MB = 1 GB.

Nah, misalnya Anda punya 10 pengunjung per hari maka dalam sebulan Anda perlu menyiapkan bandwidth sebesar 30 x 10 x 100 MB = 30 GB per bulan.

Bandwidth biasanya disediakan oleh provider web hosting dalam ukuran GB per bulan. Semakin besar bandwidth yang Anda butuhkan, maka semakin mahal biaya hosting Anda.

Wah, ini baru 10 pengunjung per hari lho. Bagaimana kalau Anda punya 100 pengunjung per hari? Dan bagaimana pula kalau Anda punya lebih dari 1 video, misalnya 10 video?

Solusinya mudah. Jangan hosting sendiri video Anda. Silakan Anda gunakan Youtube, layanan video hosting yang sangat populer dan memberikan layanannya secara gratis untuk Anda.

Caranya:

  1. Silakan Anda buka www.youtube.com.
  2. Di kanan atas ada tombol bertuliskan “Upload”, silakan klik di situ.
  3. Masukan ID email Google Anda. Jika belum punya email Google, Anda perlu membuat dahulu secara gratis, dengan klik di sini.
  4. Setelah berhasil login, bila perlu temukan kembali tombol di kanan atas bertuliskan “Upload”, dan klik. Atau lanjutkan ke poin nomor 5.
  5. Pada halaman yang tampil ini, lihat gambar di bawah, Anda upload saja file video Anda ke Youtube, dengan klik pada gambar panah tersebut.
  6. Tunggu beberapa menit selama proses upload.
  7. Selamat, video Anda sudah sudah publish di Youtube.

Klik pada gambar panah tersebut untuk upload file video Anda

Berikutnya Anda ingin memasang video (yang sudah Anda upload ke Youtube) tersebut ke halaman website Anda. Hal ini adalah supaya para pengunjung website Anda bisa langsung menonton video tersebut dari halaman web Anda sendiri, bukan dari halaman web Youtube.

Ingin mengetahui caranya? Silakan lanjutkan membaca artikel berikut ini tentang cara memasang video Youtube di halaman web Anda.

Anda temukan artikel ini menarik? Tolong bantu kami untuk Like & share ya ke teman-teman Anda, KLIK pada media sosial di bawah:

Bergabunglah dengan #MediaSosial kami untuk mendapatkan info terkini dan artikel-artikel terbaru.
Mohon KLIK Like atau Suka pada tombol di bawah ini:

Ayo baca artikel selanjutnya...

Ada pertanyaan atau komentar?

Jangan ragu-ragu ditulis pada kolom di bawah ini. Pasti akan kami tanggapi. Terimakasih.

Like us on Facebook
Follow us on Twitter
Get Social
Google Plus Linked In Pinterest