Dalam rangka Lebaran 2019, PSWebMedia libur tanggal 3-11 Juni 2019. Masuk kembali tanggal 12 Juni 2019. Mohon maklum dan terimakasih.

#MediaSosial

Cara Setting Outlook Agar Email Tidak Hilang

Cara Setting Outlook Agar Email Tidak Hilang

Bagi Anda yang menggunakan email dengan software Microsoft Outlook, pernahkan mengalami hal seperti ini: ketika Anda tidak sedang di dekat komputer Anda. Misalnya Anda mengakses dari warnet menggunakan webmail. Sewaktu Anda akses dari warnet, menggunakan browser dan akses ke webmail, ternyata Inbox Anda yang ditampilkan di website tersebut kosong! Anda kaget, dan mengira Anda sudah kena hack? Nanti dulu, ada penjelasannya. Baca penjelasannya di bawah ini.

Ketahuilah bahwa sebetulnya ketika Anda membuka email dengan menggunakan Outlook dengan protokol POP/POP3, maka Anda sedang membuka email secara lokal di komputer Anda sendiri. Itulah sebabnya bahkan ketika sambungan internet Anda terputus pun, Anda tetap bisa membuka dan membaca email yang sudah berada di dalam Outlook Anda. Jadi tanpa koneksi internet pun Anda bisa membuka email, asalkan email tersebut sudah pernah Anda buka sebelumnya, dimanapun, kapanpun.

Hal ini bisa terjadi karena cara kerja protokol POP adalah pertama-tama dia akan download semua email Anda dari server ke komputer lokal Anda.

Keuntungannya seperti yang sudah disebutkan di atas, Anda bisa dengan mudah membaca email tanpa koneksi internet asalkan sudah pernah Anda download sebelumnya. Hal ini tentu saja tidak bisa dilakukan jika Anda mengakses email dengan menggunakan webmail, misalnya hanya dengan browser membuka http://gmail.com atau http://yahoomail.com karena Anda jelas perlu koneksi internet yang cukup stabil.

Masalahnya muncul jika Anda tidak sedang di dekat komputer Anda (seperti contoh di atas). Bagaimana ini? Nah, ada settingan tertentu di Outlook yang menarik untuk Anda ketahui.

Settingan Outlook

Biasanya ketika Anda download email ke Outlook, maka email tersebut akan otomatis langsung dihapus dari server. Sehingga server kosong, dan inilah penyebab inbox Anda kosong ketika diakses dari webmail.

Anda bisa mengubah settingan Outlook tersebut, dengan tujuan agar email yang di-download tidak serta merta langsung tidak dihapus oleh Outlook, tetapi tinggalkan satu copy untuk tetap berada di server. Sehingga ketika Anda mengakses dari webmail, Anda masih bisa menemukan copy email tersebut di Inbox Anda.

Silakan setting Outlook Anda dengan mengikuti petunjuk sebagai berikut:

  1. Buka Outlook, klik " File"

       
  2. Klik " Account Settings"

       
  3. Pilih nama email account Anda

       
  4. Klik " More Settings"

       
  5. Pilih " Advanced" Tab

       
       
  6. PENTING:
    Jika Anda tidak ingin menghapus email dari server, pada checkbox " Leave a copy of messages on the server" harus dicentang.

       
  7. Nah, perlu diketahui, karena Anda selalu meninggalkan copy email di server, lama-kelamaan server tersebut akan penuh. Jika penuh, akibatnya server tidak bisa menerima email baru (keadaan ini disebut bounce). Agar server Anda tidak terlalu penuh, disarankan hapuslah email-email yang lama, yang toh Anda juga tidak butuhkan lagi. Di bawah kotak centak di atas ada pilihan "Remove from server after X days" (lihat gambar di atas).
      
    Ini artinya walaupun Anda sudah meninggalkan copy di server, server akan menghapus copy tersebut jika umur copy email tersebut sudah lebih dari X hari. Anda bisa atur sendiri jumlah X hari sesuai dengan kebutuhan dan preferensi Anda. Saran kami mungkin 30 hari, 60 hari, atau 90 hari. Catatan: jika Anda tidak centang kotak tersebut, maka server tidak akan pernah menghapus email copy Anda.
       
  8. Terakhir, klik OK untuk menyimpan settingan Outlook yang baru tersebut. Selesai.


Demikian penjelasan dari kami. Selamat mencoba. Jika butuh penjelasan lebih detail atau ada pertanyaan lebih lanjut, silakan hubungi kami di (021) 2976 5216 atau kirim email ke kami.

Atas perhatian Anda membaca artikel ini, kami ucapkan terimakasih.

Anda temukan artikel ini menarik? Tolong bantu kami untuk Like & share ya ke teman-teman Anda, KLIK pada media sosial di bawah:

Bergabunglah dengan #MediaSosial kami untuk mendapatkan info terkini dan artikel-artikel terbaru.
Mohon KLIK Like atau Suka pada tombol di bawah ini:

Ayo baca artikel selanjutnya...

Ada pertanyaan atau komentar?

Jangan ragu-ragu ditulis pada kolom di bawah ini. Pasti akan kami tanggapi. Terimakasih.

Like us on Facebook
Follow us on Twitter
Get Social
Google Plus Linked In Pinterest